Menulis Saja - One Day One Post

Breaking

Kamis, 13 September 2018

Menulis Saja


Beberapa teman sering meminta agar saya berbagi kiat supaya tetap (konsisten) menulis.Waduh, malu sebenanya bila memenuhi permintaan tersebut. Akhir-akhir ini saya tidak sesering dulu saat menulis. Alasan klise. Kesibukan. Tapi memang tidak bohong. Memang karena rutinitas pekerjaan yang semakin meningkat, membuat kebiasaan menulis sedikit terabaikan.



Tapi ada saja yang memaksa agar saya tetap mau memberi beberapa tips supaya tetap semangat untuk menulis. Mungkin sang teman melihat, blog ini masih ada isinya setiap bulan, meskipun tidak sebanyak dulu.

Ya, saya memang mengusahakan untuk mengisi blog ini setiap bulan, meskipun ada dalam 1 bulan hanya terisi 1 tulisan. Sungguh mengenaskan, bukan? Gaung ingin bisa menulis dan mengisi blog ini setiap hari dengan 1 postingan, one day one post,  sudah menguap entah kemana. Saya tidak akan mencari. Tapi menumbuhkan semangat baru saja. Harapan baru. Semoga bisa konsisten menulis lagi. Aamiin.

Baiklah. Kali ini, saya akan berbagi sedikit kiat agar tetap menulis, meskipun sebenarnya malu, sebab merasa bukan siapa-siapa. Masih banyak sebenanrnya yang jauh lebih pantas untuk bisa berbagi. Saya ini apalah. Duh, jadi banyak cerita lagi. Kita mulai saja.

1.      Menulis Saja

Ya. Kalau ingin tetap bisa menulis ya tentu harus menulis kan? Tidak perlu bingung menulis tentang apa. Banyak hal yang bisa dijadikan ide. Percaya deh sama saya. Kalau memang menulis sudah menjadi bagian dari hidup, selama apapapun tidak menulis, pasti keinginan itu akan kembali lagi.
Menulis, menulis dan menulis. Hanya itu langkah awal yang harus dilakukan bila ingin konsisten. Semakin sering menulis, maka, tulisan akan semakin bagus, semakin menemukan ciri sendiri.
Blog ini tidak melulu berisi tentang job review, placement dan artikel. Tema curahan hati masih tetap ada kok. Ini blog pribadi, suka-suka saya dong ya, diisi apa saja, yang penting tidak berisi hal-hal negatif.

2.      Tetap Luangkan Waktu

Ya. Harus tetap melungkan waktu untuk menulis. Sesibuk apapun. Meski hanya 1 lembar, hanya 300 kata. Tetaplah menulis.

3.      Pilih Tema yang Disuka

Tentu saja kita akan merasa lebih nyaman menulis dengan tema yang kita suka. Misalnya saya. Lebih senang menulis tema sehari-hari daripada tema teknologi. Selain tidak suka, juga karena tidak menguasai atau memahami tentang hal tersebut.

4.      Cari Waktu yang Pas

Waktu yang tepat untuk menulis, relatif ya menurut saya. Kadang bisa pagi hari, kadang malam hari, bahkan saat jam istirahat di kantor, sekitar setengah jam saya menyempatkan menulis. Setiap orang mempunyai waktu sendiri-sendiri untuk menulis.

5.      Membaca

Salah satu manfaat membaca adalah memberikan ide bagi kita untuk menulis. Sempatkanlah membaca setiap hari walau hanya beberapa lembar.

Kiat-kiat di atas hanya berdasar pengalaman saya. Tentu masih banyak kiat lain yang lebih bisa dijadikan rekomendasi. Namun pada intinya adalah, menulis itu ya menulis. Kalau ingin bisa menulis, ya menulis saja. Ingin bisa konsisten, ya terus menulis. Itu saja.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Semacam mendapatkan moodbooster untuk menulis saja ✊

    BalasHapus
  2. saya kembali mendapat inspirasi buat terus ngeblog. hehehe

    BalasHapus

Pages